JAMBI-Kopi merupakan salah satu tanaman andalan di Kabupaten Solok Selatan. Tetangga Solok Selatan, Kerinci juga menjadi daerah penghasil kopi.
Trnyata, minum kopi banyak manfaat yang selama ini gak disadari oleh penggemarnya.
Kopi merupakan tanaman yang menghasilkan minuman yang menyegarkan bagi penggemarnya.
Minum kopi bukan lagi sekadar minum, tapi gaya hidup. “Ngopi yuk,” begitu ajakan di masa sekarang.
Ngopi juga identik dengan lobi-lobi. “Yuk, ketemu di kafe, kita bahas sambil ngopi-ngopi,” ungkapan itu sering terdengar.
Bahkan, tak ada persoalan yang tak selesai setelah ngopi bareng. Ngopi artinya diskusi dan duduk bersama membahas berbagai persoalan.
Kapi yang diseruput di ruang ber-AC, kafe, hotel dan sebagainya, berasal dari berbagai penjuru negeri. Salah satunya adalah Kabupaten Solok Selatan.
Daerah itu merupakan Kawasan perkebunan. Ada teh, ada pula kopi. Solok Selatan merupakan daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Kerinci.
Manfaat minum kopi
1. Meningkatkan kerja otak
Minum kopi dapat meningkatkan aktivitas kerja otak. Kandungan kafein yang dimiliki kopi dapat membuat otak terangsang untuk bekerja dengan baik yang diserap lewat darah ke otak.
2. Mengurangi risiko diabetes tipe 2
Minum kopi juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan resiko terhadap diabetes tipe 2 (TDP). Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Clinical Nutrition pada 2023 menunjukkan peminum kopi reguler memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 berkat polifenol yang meningkatkan sensitivitas insulin.
3. Cegah demensia alzheimer
Gejala kepikunan terhadap orang yang dapat membahayakan karena dapat melumpuhkan pikiran dan kecerdasan seseorang. Antioksidan dalam kopi melindungi sel otak dari kerusakan. Penelitian Harvard menyebut konsumsi 3-5 cangkir per hari hari dapat mengurangi risiko Alzheimer hingga 65 persen.
4. Menekan depresi
Penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health pada 2011 mengungkap minum kopi dapat menurunkan angka depresi sebanyak 20 persen. Penelitian terbaru dalam British Medical Journal pada 2024 mengonfirmasi konsumsi kopi moderat menurunkan angka kematian dini hingga 12 persen. (*/metrotvnewes.com)












